Kamis, 29 Desember 2011

Ukuran Diameter Kepala Bayi


Ukuran Diameter Kepala Bayi
Diameter-diameter tersebut adalah jarak antara titik-titik tertentu pada tengkorak janin. Ukurannya bervariasi dan teristimewa diameter anteroposterior yang masuk kedalam panggul ibu tergantung pada berat ringannya flexi atau extensi kepala janin.

1. Diameter biparietalis adalah antara tuber parietale kanan kiri. Diameter biparietalis adalah diameter transversa yang terbesar dan berukuran 9.5 cm.
2. Diameter bitemporalis terletak di antara os temporalis. Panjangnya 8.0 cm dan merupakan diameter transversa yang terpendek.
3. Diameter suboccipitobregmatica berjalan dari pertemuan antara permukaan bawah os occipitale dengan leher ke pusat bregma. Panjangnya 9.5 cm. Diameter suboccipitobregmatica merupakan diameter anteroposterior pada waktu kepala masuk panggul dalam keadaan flexi maksimal.
4. Diameter occipitofrontalis adalah diameter anteroposterior apabila kepala masuk panggul dalam sikap militer, yakni antara flexi dan extensi. Diameter occipitofrontalis terbentang antara protuberantia occipitalis externa dan glabella, panjangnya 11.0 cm.
5. Diameter verticomentalis penting pada presentasi dahi (kepala dalam keadaan setengah extensi). Diameter ini berjalan dari dagu ke vertex, berukuran 13.5 cm dan merupakan diameter anteroposterior kepala yang terpanjang.
6. Diameter submentobregmatica adalah diameter pada presentasi muka (kepala extensi maksimal). Berjalan dari pertemuan leher dengan rahang bawah ke pusat bregma, panjangnya 9.5 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar