Senin, 03 Desember 2012

Sampel Glukosa


Sampel Glukosa 
Glukosa dapat diukur dalam darah atau serum keseluruhan (yaitu, plasma). Secara historis, nilai glukosa darah diberikan dalam hal seluruh darah, namun sebagian besar laboratorium sekarang mengukur dan melaporkan tingkat glukosa serum. Karena sel darah merah (eritrosit) memiliki konsentrasi yang lebih tinggi protein (misalnya, hemoglobin) daripada serum, serum memiliki kandungan air lebih tinggi dan glukosa akibatnya lebih terlarut daripada darah. Untuk mengkonversi dari seluruh glukosa darah, perkalian dengan 1,15 telah terbukti pada umumnya memberikan tingkat serum / plasma.

Pengumpulan darah dalam tabung untuk analisis kimia bekuan serum memungkinkan metabolisme glukosa dalam sampel dengan sel darah sampai dipisahkan dengan sentrifugasi. Sel darah merah, misalnya, tidak memerlukan insulin untuk asupan glukosa dari darah. Lebih tinggi dari jumlah normal jumlah darah putih atau merah sel dapat menyebabkan glikolisis yang berlebihan di sampel dengan pengurangan substansial tingkat glukosa jika sampel tidak diproses dengan cepat. Suhu lingkungan di mana sampel darah disimpan sebelum pemusingan dan pemisahan plasma / serum juga mempengaruhi kadar glukosa. Pada suhu lemari es, glukosa tetap relatif stabil selama beberapa jam dalam sampel darah. Pada suhu kamar (25 ° C), kehilangan 1 sampai 2% dari total per jam glukosa harus diharapkan dalam sampel darah keseluruhan. Kehilangan glukosa bawah kondisi ini dapat dicegah dengan menggunakan tabung Fluorida (yaitu, abu-abu atas) sejak fluoride menghambat glikolisis. Namun, seharusnya hanya digunakan ketika darah akan diangkut dari satu laboratorium rumah sakit lain untuk pengukuran glukosa. Merah-atas tabung pemisah serum juga melestarikan glukosa dalam sampel setelah disentrifugasi mengisolasi serum dari sel.

Perhatian khusus harus diberikan untuk menarik sampel darah dari lengan yang berlawanan di mana garis intravena dimasukkan, untuk mencegah kontaminasi dari sampel dengan cairan intravena. Atau, darah dapat diambil dari lengan yang sama dengan infus setelah infus telah dimatikan selama setidaknya 5 menit, dan lengan diangkat untuk menguras cairan infus jauh dari vena. Kelalaian dapat menyebabkan kesalahan besar, karena sesedikit 10% kontaminasi dengan dekstrosa 5% (D5W) akan meningkatkan glukosa dalam sampel dengan 500 mg / dl atau lebih. Ingat bahwa konsentrasi yang sebenarnya glukosa dalam darah sangat rendah, bahkan dalam hiperglikemia tersebut.

Arteri, kapiler dan darah vena memiliki kadar glukosa yang sebanding dalam individu berpuasa. Setelah makan tingkat vena agak lebih rendah dari darah kapiler atau arteri, sebuah perkiraan umum adalah sekitar 10%.

Pengukuran teknik
Dua metode utama telah digunakan untuk mengukur glukosa. Yang pertama, masih digunakan di beberapa tempat, adalah metode kimia mengeksploitasi properti''''nonspesifik mengurangi glukosa dalam reaksi dengan zat indikator yang berubah warna saat berkurang. Karena senyawa darah lainnya juga memiliki sifat mengurangi (misalnya, urea, yang dapat normal pada pasien uremik yang tinggi), teknik ini dapat menghasilkan pembacaan yang salah dalam beberapa situasi (5 sampai 15 mg / dl telah dilaporkan). Teknik yang lebih baru, menggunakan enzim khusus untuk glukosa, kurang rentan terhadap jenis kesalahan ini. Dua enzim yang paling umum digunakan adalah glukosa oksidase dan heksokinase.

Dalam kedua kasus, sistem kimia biasanya terkandung pada test strip, yang sampel darah diterapkan, dan yang kemudian dimasukkan ke meteran untuk membaca. Bentuk test strip dan komposisi kimia yang tepat mereka bervariasi antara sistem meter dan tidak dapat dipertukarkan. Sebelumnya, beberapa strip uji baca (setelah waktu dan menyeka sampel darah) dengan perbandingan visual terhadap bagan warna dicetak pada label botol. Strip jenis ini masih digunakan untuk pembacaan glukosa urin, tetapi untuk kadar glukosa darah mereka yang usang. Tingkat kesalahan mereka, dalam hal apapun, jauh lebih tinggi.

Pembacaan glukosa urin, namun diambil, jauh kurang berguna. Dengan benar fungsi ginjal, glukosa tidak muncul dalam urin sampai ambang batas ginjal untuk glukosa telah terlampaui. Hal ini jauh di atas setiap tingkat glukosa normal, dan sebagainya adalah bukti dari kondisi hiperglikemik yang ada parah. Namun, urin disimpan dalam kandung kemih dan sehingga setiap glukosa dalam mungkin telah dihasilkan pada setiap waktu sejak terakhir kali kandung kemih dikosongkan. Karena kondisi metabolik berubah dengan cepat, sebagai akibat dari beberapa faktor, ini adalah berita tertunda dan tidak memberikan peringatan dari kondisi berkembang. Pemantauan glukosa darah jauh lebih baik, baik secara klinis dan untuk pemantauan rumah oleh pasien.

Laboratorium glukosa tes darah
gula darah puasa (yaitu, glukosa) uji (FBS)
tes urin glukosa
dua jam setelah makan gula darah tes (2-h PPBS)
tes toleransi glukosa oral (OGTT)
tes toleransi glukosa intravena (IVGTT)
glikosilasi hemoglobin (HbA1c)
diri-pemantauan tingkat glukosa melalui pengujian pasien
Korelasi klinis
Glukosa darah puasa (GDP) tingkat adalah indikasi yang paling umum digunakan homeostasis glukosa secara keseluruhan, terutama karena peristiwa mengganggu seperti asupan makanan yang dihindari. Kondisi yang mempengaruhi kadar glukosa ditunjukkan pada tabel di bawah ini. Kelainan dalam hasil tes adalah karena masalah dalam mekanisme kontrol beberapa regulasi glukosa.

Respon metabolisme untuk tantangan karbohidrat mudah dinilai oleh tingkat glukosa postprandial diambil 2 jam setelah makan atau beban glukosa. Selain itu, uji toleransi glukosa, yang terdiri dari pengukuran beberapa waktunya setelah sejumlah standar asupan glukosa oral, digunakan untuk membantu dalam diagnosis diabetes. Hal ini dianggap sebagai standar emas uji klinis dari sistem pengendalian insulin / glukosa, tetapi sulit untuk mengelola, membutuhkan banyak waktu dan tes darah diulang. Perhatikan bahwa makanan umum mencakup karbohidrat yang tidak berpartisipasi dalam sistem kontrol metabolik; gula sederhana seperti fruktosa, banyak disaccarhides (yang baik mengandung gula sederhana lainnya dari glukosa atau tidak dapat dicerna oleh manusia) dan gula yang lebih kompleks yang juga tidak dapat dicerna oleh manusia. Dan ada karbohidrat yang tidak dicerna bahkan dengan bantuan bakteri usus, beberapa serat (larut atau tidak larut) adalah kimia karbohidrat. Makanan juga umumnya mengandung komponen-komponen yang mempengaruhi glukosa (gula dan lainnya) pencernaan; lemak, misalnya memperlambat proses pencernaan, bahkan untuk konstituen seperti makanan mudah ditangani sebagai pati. Menghindari efek makanan terhadap pengukuran glukosa darah adalah penting untuk hasil yang dapat diandalkan karena efek-efek yang sangat variabel.

Kesalahan harga untuk sistem pengukuran glukosa darah bervariasi, tergantung pada laboratorium, dan metode yang digunakan. Kolorimetri teknik dapat menjadi bias oleh perubahan warna dalam strip tes (dari kontaminasi ditanggung udara atau jari, mungkin) atau gangguan (misalnya, Tinting kontaminan) dengan sumber cahaya atau sensor cahaya. Teknik listrik kurang rentan terhadap kesalahan ini, meskipun tidak kepada orang lain. Dalam penggunaan rumah, isu yang paling penting adalah tidak akurat, tapi tren. Jadi jika meter / menguji sistem strip Anda secara konsisten salah sebesar 10%, akan ada konsekuensi sedikit, asalkan perubahan (misalnya, karena olahraga atau obat penyesuaian) adalah benar dilacak. Di AS, rumah meter darah menggunakan uji harus disetujui oleh Administrasi Makanan dan Federal Drug sebelum mereka dapat dijual. Pengawasan serupa dikenakan di yurisdiksi lain.

Akhirnya, ada beberapa pengaruh pada tingkat glukosa darah selain dari asupan makanan. Infeksi, misalnya, cenderung mengubah tingkat glukosa darah, seperti halnya stres baik fisik maupun psikologis. Latihan, terutama jika berkepanjangan atau panjang setelah makan yang paling terakhir, akan berpengaruh juga. Pada orang normal, pemeliharaan glukosa darah pada tingkat yang konstan dekat tetap akan sangat efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar