Sabtu, 04 Februari 2012

Proses Penuaan


Proses Penuaan

Penuaan adalah proses biologi yang kompleks yang terjadi secara alami dimana kulit mengalami penurunan dalam fungsi dan penampilannya karena factor usia. Tanda-tanda penuaan antara lain menngkatnya keksaran kulit, pembentukan kerutan-kerutan, kehilangan elastisitas dan pembentukan pigmen.
Penuaan merupakan akibat dari penurunan kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel kulit yang baru. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kolagen, dimana kolagen merupakan bahan baku untuk memproduksi sel-sel kulit.
Seiring dengan meningkatnya usia, maka pembentukan collagen akan membutuhkan waktu lebih panjang, sehingga pada waktu yang bersamaan, kehilangan collagen akan semakin besar dibandingkan dengan collagen yang terbentuk. Disamping itu, dengan meningkatnya usia, maka collagen yang ada dalam di dalam tubuh akan berikatan satu sama lain membentuk ikatan helix yang kuat, sehingga kapasitas mengikat air semakin turun dan makin keilangan elastisitas, hal ini menyebabkan terjadinya penurunan volume cairan pengisi jaringan collagen, dimana cairan tersebut sangat berperan pada kehalusan, kelembutan dan kekencangan kulit.
Proses penuaan dapat di pengaruhi oleh factor luar, seperti radiasi UV dari sinar matahri. Radiasi tersebut menyebabkan pembentukan radikal bebas yang berbahaya terhadap el kulit. Hasil studi ilmiah menyatakan bahwa sinar matahari dapat meningkatkan pembentukan enzyme yang merusak collagen dan pada waktu yang sama, jumlah gen pembentuk collagen berkurang. Oleh karena itu, collagen merupakan factor utama yang berperan dalam proses penuaan. Dengan demikian, solusi untuk perawatan kulit dan mencegah penuaan dini adalah dengan member tubuh asupan nutrisi untuk biosintesa collagen. Nutrisi tersebut adalah alpha-gel yang merupakan 100% collagen hydrolisate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar