Sabtu, 04 Februari 2012

Gejala dan Perawatan Nyeri Sendi


Gejala dan Perawatan Nyeri Sendi

Gejala Nyeri Sendi

Gejala nyeri sandi biasanya bisa kita rasakan nyeri pada sendi kaki, tangan, lutut.dan ini sangat mengganggu kegiatan aktifitas kita sehari-harinya, banyak orang sering mengeluh dengan nyeri sendi ini, biasanya orang yang sudah berusia lanjut yang menggalami penyakit nyeri tersebut, orang yang biasa terkena penyakit nyeri sendi ini biasanya berumur kurang lebih 40 tahun keatas.

Gejala (paling penting mengetahui kapan biasanya nyeri terjadi) :

OA : waktu nyeri biasanya saat dipakai berjalan/aktivitas lain, bisa pagi, siang, atau malam hari. Biasanya nyeri akan membaik bila diistirahatkan.
RA : biasanya nyeri sendi terjadi pada pagi hari. Nyeri berlangsung lebih dari 1 jam dan berangsur-angsur sembuh. Ada gejala tambahan yang biasanya meningkatkan kecurigaan RA, yaitu bila adanya kaku sendi, disamping nyeri sendi itu sendiri, serta adanya tonjolan-tonjolan. Pasien juga dapat mengalami gejala sistemik seperti demam, lemah, atau nafsu makan yang menurun. Bila didiamkan atau berlangsung secara kronis maka dapat terjadi suatu deformitas atau perubahan bentuk pada tangan atau jari.
GA : biasanya nyeri sendi terjadi malam hari atau menjelang pagi hari. Nyeri pada GA bersifat sangat nyeri dan semakin nyeri dengan sedikit saja pergerakan. Nyeri mencapai puncaknya dalam 24 jam, dan hilang spontan dalam waktu 14 hari.

Perawatan Nyeri Sendi

Pengobatan menyesuaikan penyebab. Untuk memulihkan kondisi penderita biasanya medis menyarankan untuk mengurangi aktivitas. Selain itu pengobatan yang dapat dilakukan antara lain mandi air hangat, pijat, dan latihan peregangan harus dilakukan sesering mungkin. Obat yang dapat dikonsumsi antara lain obat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Namun dengan perawatan yang tepat, banyak penderita nyeri sendi yang dapat menjalani kehidupan yang normal dan aktif. Olahraga ringan seperti jalan kaki bermanfaat untuk penderitanyeri sendi. Ini karena jalan kaki membakar kalori, memperkuat otot dan membangun tulang yang kuat tanpa mengganggu persendian yang sakit. Disarankan apabila melakukan olahraga sebaiknya meminta pendapat dokter atau terapis, agar mengetahui gerakan-gerakan yang terbaik. Dan jangan melakukan olahraga yang terlalu membebani lutut seperti bulutangkis, voli, tenis, joging, dan bela diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar