Senin, 14 Maret 2011

gelombang transversal


gelombang transversal adalah gelombang bergerak yang terdiri dari osilasi yang terjadi tegak lurus (atau kanan siku) ke arah transfer energi. Jika gelombang melintang bergerak dalam arah x positif, osilasi yang berada di atas dan ke bawah arah yang terletak pada bidang-y z.

Jika Anda jangkar salah satu ujung tali pita atau terus ujung lainnya di tangan Anda, Anda dapat membuat gelombang transversal dengan menggerakkan tangan Anda naik-turun. Perhatikan meskipun, bahwa Anda juga dapat meluncurkan gelombang dengan menggerakkan tangan sisi Anda ke sisi. Ini adalah poin penting. Ada dua arah independen di mana gerakan gelombang dapat terjadi. Dalam hal ini, ini adalah y dan z arah yang disebutkan di atas. Selanjutnya, jika Anda hati-hati menggerakkan tangan Anda dalam lingkaran searah jarum jam, Anda akan meluncurkan gelombang yang menggambarkan heliks kidal saat mereka menyebarkan pergi. Demikian pula, jika Anda memindahkan tangan Anda dalam lingkaran berlawanan arah jarum jam, sebuah heliks tangan kanan akan membentuk. Ini fenomena gerakan simultan dalam dua arah melampaui jenis gelombang Anda dapat membuat di permukaan air, secara umum gelombang pada tali bisa dua-dimensi. gelombang melintang Dua dimensi menunjukkan fenomena yang disebut polarisasi. Gelombang yang dihasilkan dengan menggerakkan tangan Anda dalam satu baris, atas dan ke bawah misalnya, adalah gelombang terpolarisasi linier, kasus khusus. Gelombang yang dihasilkan dengan menggerakkan tangan Anda dalam lingkaran adalah gelombang sirkuler terpolarisasi, lain kasus khusus. Jika gerak Anda tidak ketat dalam garis atau lingkaran tangan Anda akan menjelaskan elips dan gelombang akan terpolarisasi eliptik.

gelombang elektromagnetik berperilaku dalam cara yang sama, meskipun lebih sulit untuk melihat. gelombang elektromagnetik juga gelombang melintang dua dimensi.

teori Ray tidak menggambarkan fenomena seperti interferensi dan difraksi, yang membutuhkan teori gelombang (melibatkan fase gelombang). Anda dapat memikirkan suatu sinar cahaya, di optik, sebagai balok sempit ideal radiasi elektromagnetik. Sinar digunakan untuk memodelkan propagasi cahaya melalui sistem optik, dengan membagi medan cahaya yang nyata ke dalam sinar diskrit yang dapat komputasi disebarkan melalui sistem dengan teknik ray tracing. Sebuah sinar cahaya adalah garis atau kurva yang tegak lurus terhadap muka gelombang cahaya (dan karena itu collinear dengan vektor gelombang). Cahaya sinar tikungan pada antarmuka antara dua media yang berbeda dan dapat melengkung dalam medium di mana perubahan indeks bias. optik geometrik menjelaskan bagaimana sinar merambat melalui sistem optik.

Sifat dua dimensi tidak harus bingung dengan dua komponen dari suatu gelombang elektromagnetik, komponen medan listrik dan magnetik, yang ditunjukkan dalam diagram gelombang elektromagnetik di sini. Diagram gelombang cahaya menunjukkan polarisasi linier. Masing-masing ladang, listrik dan magnetik, menunjukkan perilaku gelombang dua dimensi transversal, seperti gelombang pada tali.

Gelombang melintang bidang animasi yang ditampilkan adalah juga merupakan contoh polarisasi linier. Gelombang ditampilkan bisa terjadi pada permukaan air.

Contoh gelombang transversal termasuk seismik S (sekunder) gelombang, dan gerakan (M) medan listrik (E) dan magnetik dalam bidang gelombang elektromagnetik, yang keduanya terombang-ambing tegak lurus satu sama lain serta arah transfer energi. Oleh karena itu gelombang elektromagnetik terdiri dari dua gelombang transversal, cahaya tampak sebagai sebuah contoh dari gelombang elektromagnetik. Lihat spektrum elektromagnetik untuk informasi tentang berbagai jenis gelombang elektromagnetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar