Rabu, 30 November 2011

struktur pankreas


struktur pankreas

1. Kepala pankreas
2. Proses uncinate
3. Pankreas takik
4. Tubuh pankreas
5. Anterior permukaan
6. Inferior permukaan
7. Superior marjin
8. Anterior marjin
9. Inferior marjin
1O. mentum umbi
11. Ekor pankreas
12. Usus duabelas jari

Pankreas adalah organ kelenjar dalam sistem pencernaan dan endokrin vertebrata. Ini adalah kedua kelenjar endokrin memproduksi hormon penting, termasuk insulin, glukagon, dan somatostatin, serta kelenjar eksokrin, pankreas mengeluarkan enzim yang mengandung jus pencernaan yang lolos ke usus kecil. Enzim ini membantu dalam pemecahan lebih lanjut dari karbohidrat, protein, dan lemak dalam perut yg menghancurkan makanan tersebut.
Anatomi Pankreas & Duodenum

Pankreas memiliki tiga bagian utama:
Kepala: daerah pankreas ke kanan perbatasan kiri vena mesenterika unggul.
Tubuh: daerah pankreas antara batas kiri vena mesenterika unggul dan batas kiri dari aorta.
Tail: daerah pankreas antara batas kiri aorta dan hilus limpa.

Karena pankreas adalah depo penyimpanan enzim pencernaan, luka pada pankreas berpotensi sangat berbahaya. Sebuah tusukan dari pankreas biasanya membutuhkan intervensi medis yang segera dan berpengalaman.

Sebuah sayatan ke pankreas dikenal sebagai sebuah pancreatotomy.

Situs yang paling umum dari primary adalah kepala pankreas. Pankreas memiliki dua komponen fungsional: endokrin, untuk memproduksi insulin dan hormon lainnya, dan eksokrin, untuk menghasilkan jus pankreas untuk pencernaan. Pankreas berada dalam kontak langsung dengan lambung, duodenum, limpa, dan kapal utama perut.

Pankreas adalah kelenjar dual-fungsi, memiliki fitur dari kedua kelenjar endokrin dan eksokrin.


Kelenjar endokrin

Bagian dari pankreas dengan fungsi endokrin terdiri dari sekitar satu juta kelompok sel yang disebut pulau Langerhans. Ada empat jenis sel utama dalam pulau. Mereka relatif sulit untuk membedakan menggunakan teknik pewarnaan standar, tetapi mereka dapat diklasifikasikan oleh sekresi mereka: sel α glukagon rahasia, sel-sel β insulin rahasia, δ sel mensekresikan somatostatin, dan PP sel pankreas mensekresi polipeptida.

Para pulau adalah koleksi kompak sel endokrin diatur dalam cluster dan tali dan saling silang oleh jaringan padat kapiler. Kapiler dari pulau yang dibatasi oleh lapisan sel-sel endokrin dalam kontak langsung dengan kapal, dan sel-sel endokrin yang paling berada dalam kontak langsung dengan pembuluh darah, dengan baik proses sitoplasma atau dengan aposisi langsung. Menurut volume''Body,''oleh Alan E. Nourse, pulau yang "sibuk manufaktur hormon mereka dan umumnya mengabaikan sel pankreas di sekitar mereka, seolah-olah mereka terletak di beberapa bagian yang sama sekali berbeda dari tubuh."

Eksokrin

Berbeda dengan pankreas endokrin, yang mengeluarkan hormon ke dalam darah, pankreas eksokrin memproduksi enzim pencernaan dan cairan alkali (disebut sebagai jus pankreas), dan mengeluarkan mereka ke dalam usus kecil melalui sistem saluran eksokrin dalam menanggapi kecil usus hormon secretin dan cholecystokinin. Enzim pencernaan tripsin termasuk, chymotrypsin, lipase pankreas, dan amilase pankreas, dan diproduksi dan disekresikan oleh sel-sel asinar dari pankreas eksokrin. Spesifik sel yang melapisi saluran pankreas, yang disebut sel centroacinar, mengeluarkan solusi-bikarbonat dan garam-kaya ke dalam usus kecil.

1 komentar:

  1. terimakasih banyak penjelasannya, menambah pengetahuan..

    http://obattraditional.com/obat-tradisional-radang-pankreas/

    BalasHapus