Rabu, 27 Juli 2011

Transceiver




Transceiver adalah kombinasi pemancar / penerima dalam satu paket. Istilah ini berlaku untuk perangkat komunikasi nirkabel seperti telepon selular, set telepon nirkabel, genggam radio dua arah, dan mobile radio dua arah. Kadang-kadang istilah digunakan dalam referensi untuk pemancar / penerima perangkat di kabel atau sistem serat optik.

Dalam sebuah transceiver radio, penerima dibungkam saat transmisi. Sebuah saklar elektronik memungkinkan pemancar dan penerima untuk dihubungkan ke antena yang sama, dan mencegah output pemancar dari merusak penerima. Dengan transceiver semacam ini, adalah mustahil untuk menerima sinyal saat transmisi. Mode ini disebut half duplex. Transmisi dan penerimaan sering, namun tidak selalu, dilakukan pada frekuensi yang sama.

Beberapa transceiver yang dirancang untuk memungkinkan penerimaan sinyal selama periode transmisi. Mode ini dikenal sebagai full duplex, dan membutuhkan pemancar dan penerima beroperasi pada frekuensi yang berbeda secara substansial sehingga sinyal yang ditransmisikan tidak mengganggu penerimaan. Set telepon seluler dan tanpa kabel menggunakan mode ini. Satelit komunikasi jaringan sering menggunakan full-duplex transceiver di permukaan berbasis poin pelanggan. Sinyal ditransmisikan (transceiver-ke-satelit) disebut uplink, dan sinyal yang diterima (satelit-ke-transceiver) disebut downlink.

Pemancar dalam setiap jenis transceiver dirancang untuk beroperasi pada tingkat daya yang ditetapkan. Daya keluaran diukur dalam watt. Sebuah walkie-talkie jenis transceiver tangan memegang akan memiliki kekuatan out put sekitar 5 watt. Ini berarti bahwa pemancar dalam mengirimkan sinyal pada 5 watt kekuasaan melalui antena. Unit base transceiver dan transceiver radio CB beroperasi pada tingkat daya yang lebih tinggi. Instruksi manual untuk VHF / HF transceiver diberikan kepada siswa oleh University of Indiana menggambarkan kekuatan pemancar base unit menjadi antara 5 dan 100 watt ketika transmisi sinyal FM dan antara 5 dan 40 watt untuk AM transmisi sinyal.

Software Ditetapkan Radio transceiver membawa radio amatir ke dalam domain digital dengan menggabungkan radio dengan komputer. Sebuah transceiver SDR mengubah sinyal radio analog ke sinyal digital dan menggunakan perangkat lunak untuk memproses dan menyaring sinyal untuk transmisi. SDR transceiver perangkat lunak dikonfigurasi untuk memungkinkan transceiver untuk beroperasi di frekuensi band sempit tanpa izin atau di band amatir radio berlisensi. Menurut Journal EURASIP pada Komunikasi Wireless dan Jaringan, transceiver mengirim sinyal input melalui prosesor mana disaring dan dioptimalkan oleh perangkat lunak. Sinyal ini kemudian dilewatkan melalui rangkaian konverter yang berubah dari sinyal analog ke sinyal digital. Hal ini kemudian disiarkan melalui antena. Jenis sinyal yang disiarkan ditentukan oleh standar transmisi nirkabel yang diterbitkan oleh FCC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar