Kamis, 28 Juli 2011

Metabolisme



Metabolisme adalah proses pembentukan energi dalam tubuh dengan jalan "membakar" nutrisi makanan / minuman yang masuk sehingga tubuh dapat menjalankan fungsi aktifitasnya secara normal.
Zat Nutrisi berupa kalori, protein, karbohidrat, mineral, gula dan vitamin.

Air memegang fungsi sangat penting dalam proses metabolisme tubuh tersebut yaitu sebagai media penghantar dalam proses pengurai zat nutrisi (proses bio-kimia).
Selain itu,air juga berfungsi sebagai media pelarut untuk mengeluarkan 'sisa' hasil metabolisme tubuh (detok agent) secara proses bio-elektrik.
Istilah ilmiah dari proses ini dinamakan proses Ekskresi.

Secara umum, tubuh manusia memerlukan sedikitnya 2 liter air per hari. Masalahnya tidak semau air yang kita minum memiliki karakteristik partikel air yang 'mudah menghantar' dan 'mudah larut' .
Apalagi jika kondisi air tersebut memiliki kadar air cenderung asam (pH Medan Listrik "Endogen" Tubuh

Dalam menjalankan fungsi metabolisme tersebut (proses bio kimia & bio elektrik),tubuh memiliki medan listrik Endogen sebagai sistem penggerak utamanya.
Medan listrik endogen tubuh juga berfungsi untuk mengontrol aktifitas mekanisme fisiologis tubuh (sistem saraf & otot tubuh) dan proses Ekskresi / pembuangan 'limbah' melalui usus besar (limbah padat), ginjal & kulit (limah cair) serta paru-paru (gas).
Makanan merupakan kebutuhan biologis dasar. Tanpa makanan menyebabkan tubuh kita menjadi kelaparan dan mengakibatkan badan menjadi lemah, energy berkurang dan kadang menjadi cepat marah. Kelaparan sedang sampai berat dapat mengakibatkan halusinasi tentang makanan dan sakit bahkan kematian.

Dahulu orang memilih makanan hanya untuk menghilangkan rasa lapar, untuk memuaskan keinginan, variasi, dan keseimbangan sedangkan sekarang tuntutan kebutuhan akan nutrisi makanan meningkat seiring dengan semakin banyak nya kasus penyakit terutama karena pola makan yang salah. Dengan nilai produk nutrisi yang baik membuat makanan yang dimakan menjadi semakin baik kualitasnya dan membuat kualitas hidup juga menjadi lebih baik.

Nutrisi atau lebih mudah disebut zat gizi adalah inti dari makanan. Makanan mengandung berbagai macam nutrisi atau zat gizi. Zat gizi berfungsi membantu tubuh menjalankan metabolism dengan benar, dan berfungsi dengan benar, menyediakan energy, memastikan pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh dan melindungi tubuh.

Zat gizi dalam produk nutrisi terbagi menjadi dua yaitu zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro terdapat dalam makanan dalam jumlah besar terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan air. Zat gizi mikro terdapat dalam makanan dalam jumlah kecil terdiri dari vitamin dan mineral. Kedua macam zat gizi dari produk nutrisi makanan tersebut baik makro maupun mikro harus di konsumsi oleh tubuh dalam keadaan yang seimbang baik dari jumlahnya maupun jenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar