Minggu, 20 Februari 2011

Epidermis


Epidermis adalah lapisan luar kulit yang bersama-sama dengan bentuk dermis Cutis. Epidermis merupakan epitel skuamosa berlapis yang terdiri dari proliferasi keratinosit suprabasal basal dan dibedakan. Epidermis bertindak sebagai penghalang utama tubuh terhadap lingkungan yang tidak ramah. Pada manusia, adalah tertipis di kelopak mata di .10 mm (0,0039 in) dan paling tebal pada telapak tangan dan telapak kaki pada 1,5 mm (0,059 in).

Jaringan epidermis mencakup beberapa jenis sel berbeda: sel epidermis, sel-sel penjaga, sel-sel anak, dan rambut epidermis (trikoma). Sel-sel epidermis yang paling banyak, terbesar, dan paling khusus. Ini biasanya lebih memanjang di daun monokotil daripada orang-orang dikotil.

Trichomes atau rambut tumbuh keluar dari epidermis di banyak spesies. Dalam root epidermis, rambut epidermis, disebut akar rambut yang umum dan khusus untuk penyerapan nutrisi air dan mineral.

Dalam tanaman dengan pertumbuhan sekunder, epidermis akar dan batang biasanya diganti dengan periderm melalui aksi dari kambium gabus.

epidermis avaskular, dipelihara oleh difusi dari dermis, dan berisi keratinosit, melanosit, sel Langerhans, sel Merkel dan inflamasi sel. Keratinosit adalah unsur utama, yang merupakan 95% dari epidermis. Rete pegunungan (alias "tips rete" ) adalah thickenings epidermis yang memperpanjang bawah antara papila dermal.

Epidermis terdiri dari 4-5 lapisan tergantung pada daerah kulit yang dipertimbangkan. Mereka lapisan dalam urutan adalah lapisan cornified (stratum korneum), jelas / lapisan bening (stratum lucidum), lapisan granular (granulosum strata), lapisan keras (stratum spinosum), dan basal / lapisan germinal (basale strata / germinativum). Lapisan Malphigi panjang (malpighi strata) biasanya didefinisikan sebagai baik lapisan basal dan spinosum sebagai unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar