Minggu, 23 September 2012

eritropoiesis

Sel induk berdiferensiasi menjadi sel-sel darah merah dan ketika diperlukan. Sel-sel darah merah tidak matang melalui berbagai tahapan sebelum jatuh tempo. Proses ini disebut erythropoiesis. Menghasilkan sel kehilangan inti mereka, menjadi enucleated untuk mengakomodasi molekul oksigen. Sel darah merah memiliki hemoglobin, protein terkonjugasi yang memiliki protein (globin) dan bagian non-protein (heme). Hemoglobin memiliki afinitas baik terhadap oksigen. Ia mengikat dengan empat molekul oksigen, membawa mereka ke sel target masing-masing dan melepaskan mereka ke dalam sel. Kembali lagi, terikat dengan molekul oksigen yang baru, dan melaksanakan fungsi yang sama. Setelah sel telah menggunakan oksigen untuk berbagai fungsi dan metabolisme, menghasilkan karbon dioksida dan bahan limbah lainnya. Sel darah merah membawa karbon dioksida dalam bentuk ion karbonat (di hadapan enzim anhydrase) kembali ke paru-paru. Berikut mereka dihembuskan keluar ke atmosfer. Mereka membawa bahan-bahan limbah kembali ke ginjal untuk pemurnian atau ekskresi.

Seluruh proses memakan waktu kurang dari satu menit untuk penyelesaian. Sebuah umur rata-rata sel darah merah adalah sekitar 120 hari. Sel-sel tua yang dihancurkan di limpa.

eritropoiesis panjang (erythro = RBC, dan poiesis = untuk membuat) digunakan untuk menggambarkan proses pembentukan sel darah merah atau produksi. Pada manusia, eritropoiesis terjadi hampir secara eksklusif di sumsum tulang merah. (Sumsum tulang kuning terutama terdiri dari lemak, tetapi, sebagai tanggapan terhadap kebutuhan yang lebih besar untuk produksi sel darah merah, sumsum tulang kuning bisa berubah menjadi sumsum merah.) Sumsum tulang merah dasarnya semua tulang memproduksi sel darah merah dari lahir sampai sekitar lima tahun usia. Antara usia 5 sampai 20, tulang panjang perlahan-lahan kehilangan kemampuan mereka untuk menghasilkan sel darah merah. Di atas usia 20 tahun, sel darah merah sebagian besar diproduksi terutama di sumsum dari tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, dan panggul. Mari kita periksa bagaimana sel darah merah diproduksi dan, akhirnya, bagaimana mereka hancur.

Organ bertanggung jawab untuk "menyalakan keran" produksi RBC adalah ginjal (Gambar 4). Ginjal dapat mendeteksi rendahnya kadar oksigen dalam darah. Ketika ini terjadi, ginjal merespon dengan melepaskan hormon yang disebut eritropoietin, yang kemudian perjalanan ke sumsum tulang merah untuk merangsang sumsum untuk memulai produksi sel darah merah.

Sekarang, setelah eritropoietin merangsang sumsum tulang merah sel darah merah untuk mulai manufaktur, serangkaian peristiwa terjadi. Pada sumsum tulang terdapat sel induk banyak khusus dari sel darah merah yang dapat dibentuk. Seperti sel-sel dewasa, mereka mengusir inti mereka karena mereka perlahan-lahan mengisi dengan hemoglobin sampai mereka retikulosit merah terang siap untuk melarikan diri dari sumsum tulang dan memeras ke dalam darah kapiler untuk mulai beredar ke seluruh tubuh. Dalam sampel darah, retikulosit dapat dibedakan dari sel darah merah karena masih mengandung beberapa Speckles atau potongan inti mereka. Dalam beberapa hari, retikulosit ini benar-benar kehilangan semua bahan nuklir dan menjadi penuh RBC yang siap melayani kebutuhan oksigen tubuh. Setelah sekitar tiga sampai empat bulan, RBC telah bekerja begitu keras sehingga mulai melemah. Membran sel darah merah tua menjadi sangat rapuh dan sel-sel dapat pecah sewaktu melewati beberapa tempat yang ketat dalam sirkulasi. Ini sel darah merah tua dan rusak akan "dimakan" terutama oleh limpa, dan sebagian besar komponen sisa (terutama besi dari hemoglobin) yang didaur ulang untuk membentuk sel darah merah baru.

Produksi sel darah merah baru terjadi sebagai kebutuhan. Kebutuhan alami selalu ada untuk menghasilkan sel darah merah baru untuk menggantikan orang-orang yang mendapatkan tua, atau telah rusak, dan telah "mati." Sel darah merah tua meninggal setiap hari dalam tubuh kita dan yang baru semakin banyak juga lahir setiap hari. Tubuh juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam menanggapi kebutuhan khusus. Seperti disebutkan sebelumnya, sel darah merah baru harus dihasilkan saat seseorang memasuki lingkungan ketinggian tinggi. Pada ketinggian yang sangat tinggi, di mana jumlah oksigen di udara sangat menurun, oksigen tidak cukup diangkut ke jaringan, dan sel-sel merah yang diproduksi sangat cepat sehingga jumlah mereka dalam darah yang jauh meningkat. Oleh karena itu, jelas bahwa tidak konsentrasi itu RBC yang mengontrol laju produksi sel darah merah, tetapi sebaliknya, itu adalah kemampuan fungsional dari sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke jaringan dalam menanggapi permintaan jaringan untuk oksigen yang mengontrol tingkat produksi sel darah merah. Dengan kata lain, itu hanya seperti konsep ekonomi "penawaran dan permintaan." Jika pasokan oksigen adalah KURANG dari apa tubuh menuntut, sel darah merah LEBIH diproduksi. Jika pasokan oksigen adalah LEBIH dari apa yang tubuh menuntut, sel darah merah SEDIKIT diproduksi. Mekanisme umpan balik negatif yang luar biasa bekerja dengan baik di Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar