Minggu, 23 September 2012

brainstem

Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar, muncul dari tulang punggung. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung dan insting lain seperti respons fight or flight saat bahaya mengancam.

Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju (limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah). Bagian otak ini sama dengan yang dimiliki hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia.

Komponen limbik antara lain hipotalamus dan amigdala. Sistem limbik berfungsi mengendalikan emosi, mengendalikan hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, seksualitas, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.

Neokorteks

Tebal korteks sekitar 1/8 inci dan berbentuk lipatan-lipatan. Jika dibentangkan ukurannya kira-kira seluas 1 halaman koran. Di sinilah bersemayam kecerdasan yang membuat kita menjadi benar-benar manusia. Bagian ini berkaitan dengan fungsi melihat, mendengar.

90% otak manusia terdapat di dalam lipatan kortek cerebral,  disebut juga sebagai neokorteks karena evolusinya yang lebih muda. Di bagian ini berlangsung seluruh fungsi tatanan yang lebih tinggi dan hal ini yang membedakan kita dengan hewan. Neokorteks dihubungkan dengan batang otak oleh struktur subkortikal yang mengatur aktivitas hormon dan emosi primitif. Korteks cerebral dibagi menjadi belahan kanan dan kiri, dan setiap belahan pada gilirannya menjadi sturktur besar yang disebut lobus.Fungsi Neokorteks : Walaupun hemisfer kanan dan kiri serupa dalam hal menerima dan menganalisis informasi sensoris, ada perbedaan fungsional penting di antara keduanya. Secara klasikdan umum, hemisfer kiri cenderung lebih analitik dan merupakan pusat umum bahasa verbal dan proses matematika. Hemisfer kanan berfungsi dalam cara yang lebih abstrak dan holistik, sebagai pusat pemikiran nonverbal dan persepsi visual-spasial. Namun untuk bisa berfungsi dengan baik, kedua hamisfer harus bisa berinteraksi secara intim dan terkoordinasi. Hal ini dimungkinkan dengan adanya penghubung kedua hemisfer tadi, yaitu Corpus Callosum. Dari segi historis, neokorteks adalah yang termuda dan munculnya relatif belakang. Dengan neokorteks, manusia dapat mengembangkan bahasa, mencipkatan ideologi dan agama dan membangun peradaban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar