Sabtu, 01 Oktober 2011

sensor oksigen



sensor oksigen (O2) adalah alat yang digunakan oleh komputer mesin kendaraan untuk mengukur jumlah oksigen hadir dalam aliran gas buang setelah pembakaran telah terjadi. Informasi ini digunakan oleh komputer untuk mempertahankan rasio udara / bahan bakar yang ideal.
Inti dari sensor oksigen adalah bagian berongga berbentuk kerucut dari bahan keramik yang disebut zirkonium dioksida yang dilapisi platina di dalam dan luar. Lapisan platina menyediakan elektroda, seperti dalam baterai. Selama operasi mesin, gas buang dipaksa untuk melewati bagian luar sementara di dalam elemen sensor terkena udara luar (juga disebut sebagai gas referensi). Ketika jumlah oksigen di knalpot berbeda dari gas referensi, tegangan yang dihasilkan.

Campuran udara / bahan bakar rasio ramping memiliki kadar oksigen lebih tinggi dalam gas buang. Dalam kondisi ini, jumlah ion oksigen hadir pada kedua permukaan sensor dalam dan luar hampir sama, menciptakan tegangan output yang lebih rendah. Ketika campuran terlalu kaya akan, bagaimanapun, ada sejumlah hidrokarbon yang tinggi di knalpot serta jumlah rendah oksigen. Kondisi ini menyebabkan jumlah yang tidak merata ion oksigen hadir di sisi knalpot dari ujung sensor dibandingkan dengan dalam, yang menyebabkan tegangan sensor proporsional tinggi yang akan dihasilkan. Output tegangan sensor oksigen operasi normal akan berfluktuasi cepat bolak-balik antara sekitar 100mV (0.1V) dan 1000mV (1V) di sekitar 1200-155 RPM dengan mesin hangat. Titik saklar sensor adalah nilai tegangan di mana perubahan radikal dalam tegangan output terjadi di sekitar rasio campuran yang ideal. Tegangan di atas atau di bawah titik saklar mengindikasikan bahwa rasio bahan bakar udara kaya atau bersandar, masing-masing. Mikrokomputer mencoba untuk menjaga tegangan sensor pada titik saklar ideal dengan masukan bahan bakar ke mesin mengendalikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar