Sabtu, 15 Oktober 2011

Konversi analog ke digital


Konversi analog ke digital
Konversi dari analog ke bentuk digital inheren melibatkan tindakan komparator dimana nilai dari tegangan analog di beberapa titik waktu dibandingkan dengan standar tertentu. Sebuah cara yang umum untuk melakukannya adalah untuk menerapkan tegangan analog ke salah satu terminal komparator dan memicu counter biner yang drive DAC. Output dari DAC diterapkan ke terminal lain dari komparator. Karena output dari DAC meningkat dengan counter, itu akan memicu komparator di beberapa titik ketika tegangan melebihi input analog. Transisi dari komparator berhenti konter biner, yang pada saat itu memegang nilai digital sesuai dengan tegangan analog.

Ini adalah contoh dari sejumlah besar dari analog-ke-digital metode konversi. Prinsip dasar operasi adalah dengan menggunakan prinsip komparator untuk menentukan apakah atau tidak untuk mengaktifkan sedikit tertentu dari output bilangan biner. Hal ini khas untuk sebuah ADC untuk menggunakan konverter digital-ke-analog (DAC) untuk menentukan salah satu masukan untuk komparator.

Sebuah meja biner dapat dikonstruksi dari JK flip-flop dengan mengambil output dari satu sel ke input clock berikutnya. Input J dan K masing-masing flip-flop di set ke 1 untuk menghasilkan beralih pada setiap siklus dari input jam. Untuk setiap dua matikan dari sel pertama, beralih diproduksi di sel kedua, dan begitu seterusnya sampai ke sel keempat. Ini menghasilkan bilangan biner sama dengan jumlah siklus dari sinyal clock input. Perangkat ini kadang-kadang disebut "riak melalui" kontra. Perangkat yang sama berguna sebagai pembagi frekuensi.

Ketika data dalam bentuk biner, 0 dan 1 mungkin beberapa bentuk seperti bentuk TTL di mana logika nol mungkin nilai sampai dengan 0,8 volt dan 1 mungkin tegangan dari 2 sampai 5 volt. Data dapat dikonversi untuk membersihkan bentuk digital menggunakan gerbang yang dirancang untuk berada pada atau off tergantung pada nilai dari sinyal yang masuk. Data dalam bentuk digital yang bersih biner dapat dikonversi ke bentuk analog dengan menggunakan penjumlahan penguat. Sebagai contoh, sebuah 4-bit yang sederhana D / A converter dapat dibuat dengan masukan penguat penjumlahan empat. Lebih praktis adalah Jaringan DAC R-2R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar