Selasa, 01 Februari 2011

Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Thomson


Puding plum model atom dengan JJ Thomson, yang menemukan elektron pada tahun 1897, diusulkan pada tahun 1904 sebelum penemuan inti atom. Dalam model ini, atom terdiri dari elektron (yang Thomson masih disebut "sel-sel", meskipun GJ Stoney telah mengusulkan bahwa atom listrik disebut elektron pada tahun 1894 [1]) dikelilingi oleh sup bermuatan positif untuk menyeimbangkan elektron 'negatif biaya, seperti bermuatan negatif "plum" dikelilingi oleh bermuatan positif "puding". Elektron (seperti yang kita kenal mereka hari ini) yang dianggap diposisikan seluruh atom, tetapi dengan banyak struktur yang mungkin untuk beberapa posisi elektron, terutama elektron berputar cincin (lihat di bawah). Alih-alih sup, atom itu juga kadang-kadang dikatakan memiliki "awan" dari muatan positif.

1904 Thomson model dibantah oleh percobaan 1909 foil emas, yang ditafsirkan oleh Ernest Rutherford pada tahun 1911, untuk menyiratkan inti sangat kecil dari atom yang mengandung muatan positif yang sangat tinggi (dalam kasus emas, cukup untuk menyeimbangkan sekitar 100 elektron), sehingga mengarah ke model atom Rutherford. Akhirnya, setelah bekerja Henry Moseley menunjukkan pada tahun 1913 bahwa muatan nuklir sangat dekat dengan nomor atom, Antonius Van den Broek menunjukkan bahwa nomor atom adalah muatan nuklir. Karya ini telah memuncak dalam sistem matahari seperti (tapi kuantum-terbatas) Model Bohr dari atom pada tahun yang sama, di mana inti yang berisi nomor atom bermuatan positif dikelilingi oleh jumlah yang sama elektron dalam orbit.

atom dari unsur-unsur terdiri dari sejumlah sel darah negatif listrik tertutup dalam lingkup elektrifikasi positif seragam.
Dalam model ini, elektron bebas berputar dalam gumpalan atau awan substansi positif. Ini orbit yang stabil dalam model oleh kenyataan bahwa ketika sebuah elektron pindah jauh dari pusat awan positif, rasanya kekuatan yang lebih besar ke dalam bersih yang positif, karena ada lebih banyak materi biaya yang berlawanan, di dalam orbitnya (lihat hukum Gauss) . Dalam model Thomson, elektron bebas berputar pada cincin yang lebih stabil oleh interaksi antara elektron, dan spektrum itu harus dicatat dengan perbedaan energi orbit dering yang berbeda. Thomson berusaha untuk membuat account modelnya untuk beberapa garis spektrum besar dikenal beberapa unsur, tetapi tidak berhasil terutama dalam hal ini. Namun, model Thomson (bersama dengan model cincin yang mirip Saturnus untuk elektron atom, juga dikemukakan pada tahun 1904 oleh Nagaoka setelah model James C. Maxwell cincin Saturnus), adalah pertanda awal yang terakhir dan lebih model yang sukses solar-system-seperti Bohr dari atom.

Berdasarkan penemuan tabung katode yang lebih baik oleh William Crookers, maka J.J. Thomson meneliti lebih lanjut tentang sinar katode dan dapat dipastikan bahwa sinar katode merupakan partikel, sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan diantara katode dan anode. Dari hasil percobaan ini, Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel subatom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron.
Atom merupakan partikel yang bersifat netral, oleh karena elektron bermuatan negatif, maka harus ada partikel lain yang bermuatan positifuntuk menetrallkan muatan negatif elektron tersebut. Dari penemuannya tersebut, Thomson memperbaiki kelemahan dari teori atom dalton dan mengemukakan teori atomnya yang dikenal sebagai Teori Atom Thomson. Yang menyatakan bahwa:

"Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron"

Model atomini dapat digambarkan sebagai jambu biji yang sudah dikelupas kulitnya. biji jambu menggambarkan elektron yang tersebar marata dalam bola daging jambu yang pejal, yang pada model atom Thomson dianalogikan sebagai bola positif yang pejal.

Kelemahan dari teori yang diajukan Dalton diperbaiki oleh JJ. Thomson. Dia memfokuskan pada muatan listrik yang ada dalam sebuah atom. Dengan eksperimen menggunakan sinar kotoda, membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom dan partikel tersebut adalah elektron. Thomson juga memastikan bahwa atom bersifat netral, sehingga diadalam atom juga terdapat partikel yang bermuatan positif.

Atom dianggap sebagai divisi terkecil yang mungkin materi sampai 1897 ketika JJ Thomson menemukan elektron melalui karyanya pada sinar katoda. Sebuah tabung Crookes adalah suatu wadah kaca tertutup dimana dua elektroda dipisahkan oleh ruang hampa. Ketika tegangan diterapkan di elektroda, sinar katoda dibangkitkan, menciptakan sebuah patch bercahaya di mana mereka menyerang kaca di ujung tabung. Melalui eksperimen, Thomson menemukan bahwa sinar dapat dibelokkan oleh medan listrik (selain medan magnet, yang sudah diketahui). Dia menyimpulkan bahwa sinar, bukannya bentuk cahaya, yang terdiri dari partikel bermuatan negatif sangat ringan yang ia sebut "korpuskel" (mereka kemudian akan diganti elektron oleh para ilmuwan lain).

Thomson percaya bahwa sel-sel muncul dari molekul gas di sekitar katoda. Dia menyimpulkan bahwa atom itu dapat dibagi, dan bahwa sel-sel adalah blok bangunan mereka. Untuk menjelaskan biaya netral keseluruhan atom, ia mengusulkan bahwa corpuscles dibagikan di lautan seragam bermuatan positif, ini adalah model puding plum sebagai elektron yang tertanam dalam muatan positif seperti plum dalam puding prem (meskipun dalam model Thomson mereka tidak stasioner).


Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Thomson

Kelebihan
Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.

Kelemahan
Model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.

5 komentar: