Senin, 01 September 2014

FUNGSI MEMBRAN SEL

FUNGSI MEMBRAN SEL
1.KompartementalisasiMembran plasma membagi protoplasma menjadi beberapakompartemen (ruangan). Membran sel membungkus seluruhprotoplasma. Membran inti memisahkan nukleoplasma dengandari stoplasma. Selain itu selaput plasma membagi sitoplasmamenjadi beberapa kompartemen yang disebut dengan organel.Adanya selaput ini pembatas ini sangat penting karenamemungkinkan kegiatan setiap kompartemen dapatberlangsung tanpa gangguan dari kompatemen lain namun tetapdapat bekerja sama.
2.Barier selektif permeabelMembran sel mencegah pertukaran materi secara bebas darisatu sisi ke sisi lain pada saat bersamaan. Membran plasmaharus menjamin pertukaran molekul antara bagian lur dan dalampada saat yang tepat.
3.Transport molekulMembran plasma mengandung mesin transpor molekul dari satusisi ke sisi lain yang mencegah molekul dengan konsentrasirendah masuk ke dalam sel daerah yang memeiliki konsentrasitinggi. Mesin ini memungkinkan sel mengakumulasi molekul tertentu dalam konsentari yang lebih tinggi di bandingkan disebelah luar.
4.Penghantaran signalMembran plasma memainkan peran penting dalam respon selterhadap signal. Proses itu disebut dengan penghantaran signal.Membran sel memiliki resptor yang berkombinasi denganmolekul tertentu (ligan). Setiap sel berbeda memiliki reseptorberbeda, yang mampu mengenali dan berespon terhadap liganpada lingkungan berbeda.5.Interaksi interselulerMembran sel memperantarai interaksi antar sel pada organismemultiseluler. Membran sel memungkinlkan sel mengenal satusama lain, berikatan dan saling bertukar materi dan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar