Selasa, 23 November 2010

Fungsi akar


Akar adalah bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air dan mineral dari tanah. Pada umumnya, akar memiliki ciri2 :
1. Tidak berbuku-buku sehingga tidak beruas-ruas dan tidak mendukung daun, sisik atau bagian lainnya.
2. warna tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan.
3. tumbuh terus pada ujungnya.
4. bentuk sering kali meruncing sehingga lebih mudah untuk menembus tanah.
5. tumbuh dengan arah ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), meninggalkan arah datangnya cahaya.

macam-macam akar, di dalam biji sebenarnya sudah terdapat calon akar yang disebut akar lembaga (radikula). pada perkembangan selanjutnya kalaubiji mulai berkecambah sampai menjadi tumbuhan dewasa, akar lembaga dapatmemperlihatkan perkembangan yang berbeda sehingga pada tumbuhan dibedakan dua macam sistem perakaran, yaitu akar tunggang dan akar serabut.Akar tunggang umumnya ditemukan pada tenaman dikotil, akar tunggang adalah akar primer atau akar lembaga yang terus tumbuh membesar dan memanjang. Akar tersebut menjadi akar pokok yang menopang tegaknya tubuh tumbuhan dan dalam perkembangannya membentuk cabang-cabang akar yang lebih kecil. Pada beberapa tanaman dikotil, akarnya ada yang membesar untuk menyimpan air dan cadangan makanan, seperti wortel, singkong, dan lobak. Akar serabut umumnya ditemukan pada tanaman monokotil. Akar serabut adalah akar yang timbul dari pangkal batang sebagai akar primer atau akar lembaga yang mati. akar tersebut bentuknya seperti serabut.

baik sistem akar tunggang maupun akar serabut, masing-masing akan dapat bercabang-cabang untuk memperluas bidang penyerapan dan untuk memperkuat berdirinya batang tumbuhan.

jaringan penyusun akar mulai dari luar hingga ke dalam :

1. jaringan epidermis adalah jaringan paling luar penyusun akar yang bersifat semipermeable, sebagai jalan masuknya air dan garam-garam mineral ke dalam tumbuha.
2. korteks adalah jaringan yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan.
3. endodermis adalah jaringan yang berfungsi mengatur pengangkutan garam mineral dan air dari korteks ke dalam silinder pusat
4. silinder pusat, di dalamnya terdapat xilem (jaringan pengangkut garam mineral danair menuju daun) dan floem (jaringan pengangkut hasil fotosintesis dari daun menuju seluruh tubuh tumbuhan).

Fungsi akar bagi tumbuhan:

1. Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya
2. Untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah
3. Mengangkut air dan zat-zat makanan yang sudah diserap ke tempat-tempat pada tubuh tumbuhan yang memerlukan
4. Pada beberapa macam tumbuhan ada yang berfungsi sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau
5. Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetatif. Misalnya wortel yang memiliki akar tunggang yang membesar, berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar